Menu

Nama Besar yang Terindikasi Terlibat Kasus Korupsi e-KTP

Inilah Daftar Nama Besar yang Terindikasi Terlibat Kasus Korupsi e-KTP – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarief menyatakan dana Proyek E-KTP senilai Rp 5,9 triliun sebagian menjadi bancakan antara eksekutif, legislatif, dan perusahaan swasta. “Mark up yang dilakukan begitu tinggi sehingga banyak yang dibagikan ke mana-mana,” katanya seperti dikutip dari Tempo (23/2/2017).

Menurut Laode, korupsi yang terjadi dalam proyek E-KTP prosesnya sistematis dan melibatkan banyak orang penting dari berbagai instansi. Akibat korupsi tersebut pula yang menyebabkan proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik di Kementerian Dalam Negeri tersebut gagal.

korupsi e-ktp

Menurut Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, kerugian negara akibat kasus ini sebanyak Rp 2,3 triliun. Menurut KPK, korupsi terjadi dengan cara penggelembungan nilai proyek yang kemudian dibagikan kepada sejumlah pejabat di Kementerian Dalam Negeri, perusahaan anggota konsorsium yang telah memenangkan proyek, perusahaan subkontrak, hingga para anggota DPR RI.

Seorang saksi kasus kepada Tempo mengaku telah mengungkapkan tentang adanya setoran dana kepada DPR dan petinggi di Kementerian Dalam Negeri kepada penyidik KPK. Sumber dana tersebut berasal dari sebagian dana anggaran pelaksanaan pekerjaan yang dibayarkan secara bertahap oleh pejabat pembuat komitmen di Kementerian Dalam Negeri.

“Merah, kuning, biru, hijau semua dapat,” katanya tentang suap yang diterima oleh kader semua partai di Komisi II yang mengurusi Bidang Pemerintahan di DPR RI.

Hingga saat ini penyidik KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap 283 orang, termasuk petinggi Kementerian Dalam Negeri, mantan dan anggota DPR, hingga pejabat perusahaan swasta yang menjadi anggota konsorsium. Namun dari jumlahitu KPK baru menetapkan dua orang tersangka saja yang sidangkan akan mulai digelar 9 Mret 2017.

Selengkapnya lihat tayangan vieo di bawah ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *